Jumat, 07 Desember 2012

PENERAPAN ISO 9001:2008


WEDNESDAY, 28 NOVEMBER 2012 02:45   
WASPADA ONLINE

BANDA ACEH - Pusat Kesehatan Masyarakat di Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, selangkah lagi bakal mendapatkan sertifikat International Organization for Standarization (ISO) 9001:2008 dalam bidang manajemen manajemen mutu.
Juwita Rajaguguk dari United Registrar of System (URS) Perwakilan Medan (Sumut) di Lhokseumawe, Selasa menyatakan Puskesmas Banda Sakti kini menjalani tahap akhir untuk pengeluaran sertifikat tersebut, yaitu sedang diaudit sertifikasi oleh tim audit dari URS.
Ia menyatakan, Puskesmas Banda Sakti telah menerapkan sistem manajemen mutu sesuai dengan ISO 9001:2008 selama tiga bulan atau sekitar 80 persen.
Untuk tahap terakhir adalah melakukan audit sertifikasi dan merekomendasikannya untuk dikeluarkan ISO 9001:2008

, katanya.
"Apabila hari ini siap kita audit dan mendapatkan hasilnya maka hari ini pula bisa selesai. Jika sudah memenuhi syarat untuk bisa mendapatkan sertifikasi tersebut proses pengeluaran sertifikasi bisa sampai sebulan," ujar dia.
Juwita menyatakan sertifikasi tersebut bukan hanya suatu kebanggaan semata. Namun, lebih kepada penerapan pelayanan yang lebih prima sesuai standarisasi international.    
Sertifikat tersebut, tambahnya, juga dapat dicabut apabila dalam penerapannya tidak sesuai lagi dengan standarisasi yang ditetapkan.
Oleh karena itu, Juwita meminta supaya dengan adanya sertifikat itu nantinya pelayanan dan kinerja dapat lebih ditingkatkan lagi dan bukan hanya sebagai pajangan saja.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lhokseumawe Sarjani mengaku bangga dengan akan dikeluarkan sertifikasi ISO 9001:2008 kepada Puskesmas Banda Sakti. Apalagi, hal itu merupakan satu-satunya di Aceh untuk Puskesmas.
Kepala Puskesmas Banda Sakti dr Amroelloh menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 selama tiga bulan sejak September 2012. Dalam melakukan kegiatan tersebut dibantu oleh NGO Gitec serta Dinkes Provinsi Aceh.
Dikatakan, tujuan dari implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 adalah menjamin mutu pelayanan, hasil yang dilakukan sesuai dengan keinginan pelanggan, setiap perencanaan dan kegiatan terdokumentasi dengan baik, melakukan audit secara berkala serta membangun budaya kerja yang berkualitas agar tercapai mutu pelayanan berstandar internasional.
Berdasarkan pantauan di Puskesmas Banda Sakti sendiri saat ini sebagai Puskesmas rawat jalan yang juga memiliki fasilitas pelayanan kesehatan umum, pelayanan kesehatan ibu dan anak, pelayanan persalinan jampersal, klinik infeksi menular seksual (IMS), pelayanan unit gawat darurat, pelayanan penunjang laboratorium, EKG, dan USG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar